Senin, 06 Oktober 2014

TULISAN 1


Pilihan ku Akuntansi
Saya memilih akuntansi karena menurut saya jurusan akuntansi ini tempat berkumpulnya orang orang tertib dan teratur. Ketertiban dan keteraturan akan menjadi penonggak keberhasilan dalam menjalankan fungsi fungsi akuntansi, sehingga saya akan di arahkan agar dapat menyajikan laporan keuangan sesuai dengan priode (prinsip matching)nya dan saya pun akan selalu di ingatkan agar menyimpan (mendokumentasikan) bukti bukti seluruh transaksisecara lengkap, rapih dan berurutan. Dari situlah kemudian saya akan menjadi orang-orang yang tertib dan teratur dalam menjalankan aktivitas sehari hari saya. Jurusan akuntansi ini adalah tempat berkumpulnya orang orang yang gaul dalam beretika. Dengan memiliki banyak teman, mudah bergaul dengan siapapun dan dapat di terima di mana saja. Ketika saya masuk di jurusan akuntansi maka saya akan di ajarkan bagaimana bertindak netral, mampu memenuhi kebutuhan informasi seluruh pihak pihak yang berkepentingan (stakeholders), seperti manajemen, karyawan, kreditor, pemasok, investor, pemerintah dan masyarakat umum. Dengan begitu, agar saya dapat di terima dimana saja dan dapat bergaul dengan siapa saja yang menjadi  stakeholders, maka akan di ajak untuk berperilaku sebagai orang yang bijakdan tidak memihak kepada salah satu pihak, dengan cara menyusun laporan keuangan sebagai mestinya, tanpa ada rekayasa. Dalam mencari lapangan pekerjaan pun saya tidak terlalu merasa kesulitan jika memilih jurusan akuntansi ini, karena selain bergaul, dapat di katakan bahwa selama di suatu organisasi atau kelompok ada uang di dalamnya, saya dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri, contohnya konsultan keuangan atau akuntan publik, konsultan pajak. Di jurusan akuntansi ini juga dapat di katakan sebagai tempat berkumpulnya orang orang tau diri. Yang artinya adalah kunci utama kesuksesan adalah ketika kita tahu siapa diri kita, apa kemampuan kita dan apa keterbatasan kita. Dengan mengetahui siapa kita sebenarnya maka akan di dapat suatu strategi  yang tepat dalam meningkatkan prestasi kita dimasa yang akan datang. Di dalam dunia bisnis pun juga demikian, untuk mendapatkan strategi yang tepat terkadang perusahaan melakukan alat analisis lainnya agar dapat di ketahui seberapa besar kekuatan dan kelemahan yang di miliki dan seberapa banyak peluang dan tantangan yang harus di hadapi, khususnya untuk menenangkan persaingan global saat ini. Ketika saya masuk jurusan akuntansi ini, saya akan di pandu untuk melakukan analisis terhadap informasi informasi keuangan keuangan yang tersedia. Mulai dari analisis vertikal dan horizontal. Dengan melalukan analisis analisis tersebut maka saya akan mengetahui  seberapa hebat organisasi saya di bandingkan organisasi yang lainnya dan sebara besar peluang saya untuk berhasil di kemudian hari. Hal inilah yang akan membawa saya pada arti “tau diri”. Selain itu tidak kalah pentingnya orang orang di jurusan akuntansi, sangat mengerti dan memahami bahwa kebenaran mutlak itu hanya milik sang pencipta, kita manusia hanya menilai suatu kewajaran. Itulah mengapa sampai dalam ilmu akuntansi, pendapat auditor terhadap penyajian laporan keuangan salah satunya di istilahkan “wajar tanpa pengecualian”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar