Senin, 13 Oktober 2014

Tugas 1.

PENGANTAR BISNIS


1.  Sistem perekonomian mrpkan suatu hal penting karena akan mempengaruhi kegiatan bisnis tersebut dijalankan :
a.   Merkantilisme.
Arti dari merkantilisme adalah  suatu teori ekonomi yang menyatakan bahwa kesejahteraan suatu negara hanya ditentukan oleh banyaknya aset (sumber ekonomiyang memberikan manfaat usaha di kemudian hari)  atau modal yang disimpan oleh negara yang bersangkutan, dan bahwa besarnya volum perdagangan global teramat sangat penting. Dalam arti lain, merkantilime adalah sebuah tahap dalam perkembangan sejarah kebijakan ekonomi, sebuah sistem tentang kebijakan ekonomi yang banyak dipraktekkan oleh banyak bangsawan Eropa dalam rangka menjamin kesatuan politik dan kekuatan nasional. 
b.      Kapitalisme
Arti dari kapitalisme adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar. Menurut ilmuah yang bernama G.G. Wells, Kapitalisme adalah Suatu yang tidak dapat didefinisikan, tapi pada umumnya kita menyebut sebagai sistem kapitalis, sesuatu yang kompleks kebiasaan tradisional, energi perolehan yang tak terkendalikan dan kesempatan jahat serta pemborosan hidup. Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya, pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi. Beberapa ahli mendefinisikan kapitalisme sebagai sebuah sistem yang mulai berlaku di Eropa pada abad ke-16 hingga abad ke-19, yaitu pada masa perkembanganperbankan komersial Eropa di mana sekelompok individu maupun kelompok dapat bertindak pemilik maupun melakukan perdagangan benda milik pribadi.
c  Komunisme
arti dari komunisme adalah salah satu ideologi di dunia. Dalam arti lain,komunisme adalah  paham yang menolak kepemilikan barang pribadi dan beranggapan bahwa semua barang produksi harus menjadi milik bersama. Ini bertujuan agar tidak ada hirarki buruh-pemilik modal karena sistem kapitalis cenderung mengeksploitasi manusia.  Komunisme lahir sebagai reaksi terhadap kapitalisme di abad ke-19, yang mana mereka itu mementingkan individu pemilik dan mengesampingkan buruh. Istilah komunisme sering dicampuradukkan dengan Marxisme. Komunisme adalah ideologi yang digunakan partai komunis di seluruh dunia. Racikan ideologi ini berasal dari pemikiran Lenin sehingga dapat pula disebut “Marxisme-Leninisme”.
d. Sosialisme
Istilah sosialisme atau sosialis dapat mengacu ke beberapa hal yang berhubungan dengan ideologi atau kelompok ideologi, sistem ekonomi, dan negara. Istilah ini mulai digunakan sejak awal abad ke-19. Dalam bahasa Inggris, istilah ini digunakan pertama kali untuk menyebut pengikut Robert Owen pada tahun 1827. Sosialisme adalah sistem sosial dan ekonomi yang ditandai dengan kepemilikan sosial dari alat-alat produksi dan manajemen koperasi ekonomi, serta teori politik dan gerakan yang mengarah pada pembentukan sistem tersebut. Pengertian lain dari sosialisme adalah paham atau gerakan yang menghendaki terwujudnya suatu masyarakat yang disusun secara kolektif agar menjadi suatu masyarakat yang bahagia. Dengan begitu, sosialisame menitikberatkan perjuanganya pada masyarakat.



e.       Facisme
Arti dari facisme adalah suatu paham yang mengedepankan bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain. Dengan kata lain, facisme adalah suatu sikap nasionalisme yang berlebihan.
Facisme juga dapat di artikan sebagai prinsip atau paham golongan nasionalis ekstrem yg menganjurkan pemerintahan otoriter. Facisme berusaha untuk mengatur bangsa menurut perspektif korporatis, nilai, dan sistem, termasuk sistem politik dan ekonomi. Fasisme didirikan oleh sindikalis nasional Italia dalam Perang Dunia I yang menggabungkan sayap kiri dan sayap kanan pandangan politik, tapi condong ke kanan di awal 1920-an. Para sarjana umumnya menganggap fasisme berada di paling kanan.
f.  Demokrasi Ekonomi
Arti dari demokrasi ekonomi adalah suatu proses penerapan yang saling behubungan dan berinteraksi yang dikembangkan oleh masyarakat dengan ciri dan identitas tersendiri. Dalam arti lain, demokrasi ekonomi adalah produksi dikerjakan oleh semua masyarakat dan untuk semua di bawah pimpinan atau pemilihan anggota-anggota masyarakat. Kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan, bukan kemakmuran orang seorang. Sistem ekonomi di Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta GBHN, sehingga disebut sebagai "Sistem Ekonomi Berdasarkan Demokrasi Ekonomi Pancasila.


2.  Perbedaan bisnis yang hanya mengejar keuntungan dan bisnis yang tidak mengejar   vivkeuntungan?
A.    Bisnis yang mengejar keuntungan
Seiring dengan bertambahnya penduduk dari tahun ketahun membuat lapangan kerja semakin sempit. Dalam berbisnis kita dapat mencari atau mengejar keuntungan dengan menghasilkan alat tukar yang sah atau dapat di sebut dengan uang. Bisnis yang mengejar keuntungan ini biasa memiliki tujuan yaitu saling menguntungkan satu sama lain. Demi mendapatkan uang , orang giat untuk mencari peluang bisnis ataupun peluang usaha. Bisnis yang mencari keuntungan biasanya berawal dari peluang bisnis dengan modal kecil, dengan bisnis ini dapat membuat orang membuat atau membangun usahanya sendiri. Setiap peluang bisnis membutuhkan persiapan modal yang berbeda, seperti modal material. Tetapi selain modal material, kita juga harus memiliki modal non-material seperti pengetahuan bisnis, motivasi , kemauan dan semangat dalam berbisnis. Keterampilan yang kita miliki dapat dijadikan sebagai bisnis.
Contohnya:
-          bisnis di bidang keuangan/ perbankan (bisnis di bidang ini memerlukan modal yang cukup besar, seperti modal material dan modal non material yaitu menguasai pengetahaun di bidang perbankan)
-          bisnis asuransi (bisnis ini cukup prospek untuk kedepannya, di karenakan banyak orang sudah mulai khawatir akan terjadi musibah yang tidak di inginkan)
-          bisnis minuman (bisnis ini sudah mulai berkembang, di karenakan kebanyakan orang tidak mau repot lagi memasak air, dan lebih memilih untuk membeli air bersih dalam kemasan dan siap pakai)
-          bisnis tekstil (bisnis ini sangan prospek, dikarenakan kebutuhan pokok yang harus di penuhi oleh setiap orang)

B.     Bisnis yang tidak mengejar keuntungan

suatu bisnis atau (suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba) yang mempunyai tujuan yang berbeda dari “bisnis yang mengejar keuntungan”  bukan untuk mencari keuntungan berupa alat tukar yang sah atau yang di sebut dengan uang, tetapi melainkan lebih kepada memberikan kesejahteraan terhadap anggota atau masyarakat di sekitarnya. Bisnis yang tidak mengejar atau mencari keuntungan hanya berupa bantuan social, yang mempunyai maksud untuk tujuan social kemanusiaan sehingga tidak mengharapkan adanya keuntungan yang di peroleh.
Contohnya:
-          Koperasi.
Koperasi Primer adalah semua koperasi yang didirikan dan beranggotakan orang seorang. Sedangkan Koperasi Sekunder adalah semua koperasi yang didirikan oleh dan beranggotakan Badan Hukum Koperasi, baik Badan Hukum Koperasi Primer dan atau Badan Hukum Koperasi Sekunder.
Contohnya:
 1. Koperasi Simpan Pinjam adalah koperasi yang beranggotakan masyarakat baik selaku konsumen maupun produsen barang
2. Koperasi Konsumen adalah koperasi yang beranggotakan para konsumen atau pemakai barang kebutuhan sehari-hari
3. Koperasi Produsen adalah koperasi yang beranggotakan para produsen barang dan memiliki usaha rumah tangga.
4. Koperasi Pemasaran adalah koperasi yang beranggotakan para pemasok barang hasil produksi
5. Koperasi Jasa adalah koperasi yang menyelenggarakan fungsi pelayanan jasa tertentu untuk kepentingan anggota, misalnya jasa asuransi, angkutan, audit, pendidikan dan pelatihan, dan sebagainya.

3. Bandingkan pandangan masyarakat sekarang dan masyarakat zaman dulu tentang profesiaabisnis!

A.    Pandangan masyarakan dulu tentang profesi bisnis
Profesi dpt dirumuskan sbg pekerjaan yg dilakukan sbg nafkah hidup dg mengandalkan keahlian dan keterampilan yg tinggi dan dg melibatkan komitmen pribadi (moral) yg mendalam.
Kita sadari bersama bahwa semua manusia mempunyai kebutuhan yang beraneka, dan kebutuhan ini harus dipenuhi, kebutuhan akan makanan, pakaian, pterumahan (Kebutuhan Sandang, Pangan dan Papan). Masyarakat jaman dulu memandang bisnis hanya untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri seperti mereka yang hanya menukarkan barang dan jasa yang mereka punya, menukarkan barang miliknya dengan barang milik oranglain. yaitu biasa di sebut dengan barter. Alat tukar menukar yang sah sebelum  adanya atau terciptanya uang.

B.     Pandangan masyarakat sekarang tentang profesi bisnis
 bisnis adalah sejumlah total usaha yang meliputi pertanian, produksi, konstruksi, distribusi, transportasi, komunikasi, usaha jasa, dan pemerintahan yang bergerak dalam bidang membuat dan memasarkan barang dan jasa ke konsumen. tujuan utama dari bisnis ialah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan (needs and wants) manusia. Tujuan lain dari bisnis adalah memperoleh keuntungan, sehingga mereka berani memikul risiko menanam modal dalam kegiatan bisnis.
Pandangan masyarakat sekarang tentang profesi bisnis itu bukan hanya untuk kebutuhan diri sendiri saja tetapi untuk kebutuhan orang lain. Contohnya seperti orang yang mempuyai took makanan, pasti mereka membutuhkan karyawan yang bekerja untuk membantu meringankan beban si pemilik. Dan hasil dari pada keuntungan itu bukan hanya untuk diri sendiri tetapi untuk karyawan yang bekerja di toko tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar