Rabu, 22 Oktober 2014

Tugas 2

PENGANTAR BISNIS (TUGAS KELOMPOK)


1.       -     Bakat yang di miliki, kita harus mengetahui kemampuan apa yang kita miliki agar lebih iiiiiiimudahimenjalani usaha tersebut dan jauh dari resiko kerugian.
-          Modal, dengan melihat modal yang kita miliki , maka dari itu kita akan tau usahya yang akan kita dirikan
-          Perencanaan usaha, mempersiapkan stratgegi yaitu sasaran penjualan dan apa yang akan di produksi.
-          Peraturan UU, dalam bisnis tertentu, terdapat peraturan yang telah menggariskan adanya jenis badan usaha yang harus di pilih untuk dapat menjalankan bisnis bisnisnya.

2.       Karena badan usaha perseorangan itu memiliki kekurangan seperti:
-          Tanggung jawab pemilik tidak terbatas, yang mempunyai arti yaitu seluruh kekayaan pribadinya termasuk sebagai jaminan terhadap seluruh hutang perusahaan.
-          Sumber keuangan terbatas, biasanya di karenakan pemiliknya hanya satu orang, maka usaha usaha yang di lakukan untuk memperoleh sumber dana hanya tergantung pada kemampuannya saja.
-          Kesulitan dalam manajemen. Semua kegiatan seperti pembelian, penjualan, pembelanjaan,pengaturan, karyawan dan sebagainya di pegang oleh seorang pemimpin seluruh kerugian menjadi tanggung jawab pemilik.
-          Kelangsungan usaha kurang terjamin. Kematian pimpinanan atau pemilik, bangkrut atau sebab sebab lain dapat menyebabkan usaha ini berhenti kegiatannya.
Kelangsungan hidup. Biasanya kelangsungan hidup atau umur perusahaan relative lebih singkat. Hal ini di sebabkan sulitnya mengganti atau mencari pengganti pemilik perusahaan  apabila pemilik meninggal dunia, sehingga terjadi kevakuman yang menyebabkan kelangsungan hidup perusahaan berakhir.
-          Administrasi tidak di kelola dengan baik.
-          Permodalan, lebih sulit mencari modal, jika perusahaan perorangan ingin mendapatkan tambahan modal atau investasi dan perbankan relative sulit , terutama untuk jumlah yang besar.
Maka dari itu seluruh kerugian mennjadi tanggung jawab pemilik hidup dan mati badan usaha hanya di tangan seseorang.

3.       Karena landasan bangsa Indonesia itu bersifat gotong royong, karena kegiatan saling membantu seperti  gotong royong ini mempunyai rasa saling solidaritas antar individu satu dan individu yang lainnyadan usaha yang di lakukan akan lebih berhasil mengatasi  permasalahan baik di kalangan social mauun di kalangan ekonomi. Hal ini menyebabkan usaha kecil Dan menengah membentuk organisasi dengan saling membantu dan bekerja sama untuk menggapai tujuan yaitu meningkatkan kemampuan berproduksi dan memasarkan hasil produksinya. Organisasi tersebut di namakan koperasi. Organisasi yang di sebut koperasi ini mengembangkan dan menggagaskan stuktur organisasi utama yang dapat di adaptasi sesuai dengan kebutuhan kebutuhan massyarakat di sekitar, kepentingan khusus dan pada situasi yang nyata Dari kelompok dan orang yang berbeda di sisi lingkungan ekonomis dan di lingkungan social budaya.

4.       Contoh contoh usaha

1.       Restaurant
Usaha dan komoditi pangan tergolong maju karena pasti setiap manusia mempunyai rasa lapar, dan sehari mereka pasti membutuhkan makanan 3 kali sehari, atau bias di sebut dengan kebutuhan pokok dalam bidang pangan.
2.       Toko Baju
Usaha dalam bidang pakaian juga sangat maju, tidak dapat di pungkiri karena setiap manusia pasti sangan membutuhkan pakaian untuk menutupi anggota badannya., atau bias di sebut dengan kebutuhan pokok dalam bidang sandang.
3.       Warnet
Bisnis atau usaha ini sangat maju di saat saat ini, karena kebanyakan orang sekarang sangat membutuhkan segala informasi dan perkembangan tentang dunia ini melalui internet.
4.       Bimbingan belajar atau khursus
Seiring dengan naiknya standar kelulusan siswa serta ketatnya persaingan pendidikan, kerja dewasa ini sangat membuat pentingnya pendidikan.
5.       Usaha perbangkan (keuangan)
Pertumbuhan sector keuangan akan meningkat terus sepanjang tahun.
6.       Usaha bahan bangunan
Pertumbuhan sector kontruksi relative cukup tinggi di bandingkan dengan sector lain
7.       Usaha rekreasi (taman hiburan)
Dalam kesibukan orang orang saat ini pastinya sangat membutuhkan waktu luang untuk refresing yang berguna untuk menghilangkan rasa setres yang berlebihan

Anggota Kelompok:
- Dhenise Sesitavioni (22214924)
- Maharani Kinanti ( 2D214160)
- Navatika Novi Ayu ( 27214872)
- Vira Meilinda Zuhri (2C214081
- Zehra Fazrani (2C214660)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar