Pengantar bisnis.
1. Mengapa
manajemen pemasaran sering di sebut sebagai manajemen permintaan?
Manajemen
pemasaran adalah suatu analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian
dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan
mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai
tujuan-tujuan organisasi. Manajemen
pemasaran adalah kegiatan pemasaran yang direncanakan dengan baik,
diorganisasikan, dikoordinasikan serta diawasi akan membuahkan hasil yang
memuaskan oleh karena itu manajemen pemasaran
sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.
2. Apa
beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran? Jelaskan
pendapatan saudara min 50 kata
- Kebutuhan adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha.Pada dasarnya,manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu,yaitu memenuhi kebutuhan.Kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari.Selama hidup manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan.Seperti:Makanan,Pakaian,Perumahan, Pendidikan,dan Kesehatan.Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi / banyak pula macam kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada diantara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan adalah suatu hal yang harus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi tidak sejahtera atau setidaknya kurang sejahtera.
- keinginan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh seseorang, dan apabila tidak terpenuhi tidak mempengaruhi kehidupan orang tersebut.keinginan adalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya tidak berkurang.
3. Jelaskan
dengan singkat apa beda pasar dan pemasaran?
Pasar
adalah tempat pertemuan antara penjualan dan pembeli, atau lebih jelasnya
daerah, tempat, wilayah, area yang mengandung kekuatan permintaan dan penawaran
yang saling bertemu dan membentuk harga. Pasar dikatakannya merupakan orang
orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanjadan kemampuan
untuk membelanjakannya.
Pemasaran (bahasa Inggris: marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu
yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang
atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan
manusia.
Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan
baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan
kelangsungan hidup usahanya.
Pemasaran adalah
kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses
pertukaran.
4. Sebutkan
dan jelaskan apa yang di maksud dengan bauran pemasaran (marketing mix)?
Bauran
pemasaran adalah kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama
lain. Keberhasilan perusahaan di bidang pemasaran di dukung oleh keberhasilan
dalam memilih produk yang tepat, harga yang layak, saluran distribusi yang baik
dan promosi yang efektif. Empat kebijakan pemasaran yang sering di sebut konsep
empat P atau bauran pemasaran (marketing mix) tersebut adalah produk (product),
harga (price), saluran distribusi (place) dan promosi (promotion). Untuk
mencapai tujuan pemasaran, keempat unsur tersebut harus saling mendukung,
sehingga keberhasilan di bidang pemasaran di harapkan diikuti oleh kepuasan
konsumen.
Bauran
pemasaran merupakan suatu kerangka kerja yang membantu dalam
penyusunan suatu pendekatan untuk setiap pasar. Bauran pemasaran
merupakan suatu kumpulan variabel yang dapat dikontrol yang ditawarkan kepada
(dan mempengaruhi) pelanggan. Variabel-variabel tersebut meliputi: produk/jasa
itu sendiri, ketersediaannya, imagenya (cara promosinya), dan harga yang
harus dibayar untuk mendapatkannya. Variabel-variabel tersebut
merupakan sejumlah unsur (4P) dimana seorang manajer pemasaran harus membaurkannya
secara bersama-sama dalam mengoptimalkan sejumlah sumber daya yang terbatas.
Pada tahun 1960, Jerome McCarthy memperkenalkan
konsep 4P kepada dunia. Sejak itu, para manajer pemasaran di seluruh
dunia menjadi terbiasa dengan 4P (product,
price, place, and promotion). Selain 4P ada pendekatan-pendekatan
lain untuk bauran (khususnya bauran jasa/7P). Namun di sini kita hanya akan
membahas secara singkat setiap unsur dari 4P tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar