Jumat, 05 Desember 2014

Tugas 7

Pengantar Bisnis.
Tugas 7.


Soal 1
Cari definisi masing masing kata dan berikan 2 contohnya dalam lingkungan kampus gunadarma
1.      Tujuan
-          Menurut  H.R. DAENG NAJA
Tujuan merupakan misi sasaran yang ingin dicapai oleh suatu organisasi di masa yang akan datang dan manajer bertugas mengarahkan jalannya organisasi untuk mencapai tujuan tersebut
-          Menurut IDA NURAIDA
Tujuan merupakan bagian dari fungsi planning atau perencanaan dan merupakan langkah awal fungsi manajemen
contoh:
- kampus universitas gunadarma mengadakan "ospek" kepada para mahasiswa baru, yang mempunyai tujuan untuk melatih kemandirian, kedisplinan bagi para mahasiswa baru.
-setiap fakultas mengadakan sebuah acaravseminar yang di buka untuk seluruh fakuktas yang ingin menghadirinya, yang mempunyai tujuan untuk menambab wawasan bagi si pendengar.

2.      Strategic
-          Menurut Karl VonKlausewitz
Strategic adalah pengetahuan tentang penggunaan pertempuran untuk memenangkan peperangan. Sedangkan perang itu sendiri merupakan kelanjutan dari politik.
-          Menurut Stephanie K. Marrus
Strategic adalah suatu proses penentuan rencana para pemimpin npuncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi di sertai penyususnan suatu cara atau  upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat di capai.
contoh:
 Saya pun memiliki strategi belajar yaitu dengan mengikuti belajar kelompok dengan kaka senior di Kampus.
 Strategi saya untuk mendapatkan nilai dan IP yang tinggi yaitu saya belajar setiap setelah mata kuliah tersebut dipelajari.

3.      Kebijakan
-          Menurut Lasswell (1970)
kebijakan adalah sebagai suatu program pencapaian tujuan, nilai-nilai dan praktik-praktik yang terarah (a projected program of goals values and practices).
-          Menurut  Anderson (1979)
 kebijakan adalah serangkaian tindakan yang mempunyai tujuan tertentu yang mesti diikuti dan dilakukan oleh para pelakunya untuk memecahkan suatu masalah (a purposive corse of problem or matter of concern).
Contoh:
-seorang dosen yang memberikan kesempatan masuk kedalam matakuliah nya bagi mahasiswa yang telah datang terlambat
-seorang dosen yang memberi izin kepada para mahasiswa yang ingin ke kamar kecil di saat matakuliah berlangsung

4.      Prosedur
-          Menurut Ismail Masya
Prosedur adalah suatu rangkaian tugas tugas yang saling berhubungan berupa urutan waktu dan tatacara tertentu untuk melaksanakan pekerjaan yang di lakukan berulang ulang.
-          Menurut Geralsd Cole
Prosedur adalah suatu urutan pekerjaan yang melibatkan beberapa orang dalam suatu bagianyang di susun untuk menjamin adanya perlakuan seragam terhadap
transaksi perusahaan.
contoh:
-Mahasiswa melihat jadwal kursus atau workshop yang ditawarkan melalui website masing masing lembaga pengembangan atau melalui loket pendaftaran kursus dan workshop yang berlokasi di Kampus Depok, Gedung 4 Lantai 1 (Loket 21 s/d 24).
Bila berminat, mahasiswa dapat mendaftarkan diri ke loket dan akan mendapatkan blanko sesuai dengan kursus atau workshop yang akan diikuti.
Setelah mendapatkan blanko, mahasiswa diwajibkan membayar biaya kursus dan/atau workshop melalui Bank DKI Kampus D Depok, Kampus G Kelapa Dua atau Kampus C Salemba 53
Prosedur mahasiswa Universitas Gunadarma untuk mengikuti UTS dan UAS yaitu mahasiswa harus memiliki KRS (Kartu Rencana Studi), apabila tidak memilikinya maka mahasiswa tidak bisa mengikuti UTS dan UAS.

5.      Peraturan
-          Menurut I WAWANG SETYAWAN
Peraturan adalah suatu hal yang sangat mutlak dan bersifat membatasi ruang gerak atau "kemerdekaan" setiap individu
-          Menurut LYDIA HARLINA MARTONO
Peraturan merupakan pedoman agar manusia hidup tertib dan teratur. Jika tidak terdapat peraturan, manusia bisa bertindak sewenang-wenang, tanpa kendali, dan sulit diatur
Contoh:
-TATA TERTIB KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA
Dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan penyelenggaraan tugas pokok Universitas Gunadarma, diperlukan suasana yang tertib di dalam kehidupan kampus. Untuk menjamin dan memelihara suasana tersebut ditetapkan Tata Tertib Kehidupan Kampus bagi mahasiswa Universutas Gunadarma. Adapun Tata Tertib Kehidupan Kampus yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut :
Pasal 1
Yang dimaksud dengan mahasiswa Universitas Gunadarma adalah mereka yang dinyatakan diterima sebagai mahasiswa Universitas Gunadarma melalui seleksi penerimaan mahasiswa baru, telah meyelesaikan segala persyaratan administratif yang diwajibkan, terdaftar / aktif pada semester yang berjalan, bukan termasuk alumni (yang telah menyelesaikan studinya di Universitas Gunadarma).
-adanya peraturan dilarang mencontek di saat ujian sedang berlangsung, tujuan dari peraturan itu supaya dapat melatih kejujuran, mengetahui kemampuan kita sampai dimana kita memahamicsebuah matakuliah tersebut.

6.      Program
-          Menurut SUKRISNO
Program adalah kata, ekspresi, atau pernyataan yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur, yang berupa urutan langkah, untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat dieksesuksi oleh komputer.
-          Menurut SINDHUNATA
Program adalah kelompok pernyataan yang persis dan berurutan yang gunanya adalah utuk memberi tahu komputer bagaimana melaksanakan sesuatu pekerjaan
contoh:
 Program Beasiswa Beasiswa juga salah satu programbeasiswa yang ada di Universitas Gunadarma.
 Program Sarmag (Sarjana Magister) adalah salah satuprogram yang ada di Universitas Gunadarma.


7.      Falsafah
-          Menurut Aristoteles
falsafat adalah menyelidiki sebab dan asas segala benda. Dengan demikian filsafat bersifat ilmu umum sekali. Tugas penyelidikan tentang sebab telah dibagi sekarang oleh filsafat dengan ilmu
-          Menurut Imanuel Kant
Filsafat adalah ilmu pengetahuan yange menjadi pokok dan  pangkal dari segala pengetahuan yang didalamnya tercakup empat persoalan.
contoh
universitas gunadarma adalah universitas swasta yg terbaik

8.      Jadwal
-          Menurut kamus besar bahasa indonesia
Jadwal adalah pembagian waktu berdasarkan rencana pengaturan urutan kerja; daftar atau tabel kegiatan atau rencana kegiatan dng pembagian waktu pelaksanaan yg terperinci.
-      Menurut Soejono Soekanto
Jadwal adalah proses pembagian waktu untuk melakukan semua aktifitas manusia agar tidak bentrok dengan aktifitas yang lain, agar lebih efektif.
      Contoh :
   - Jadwal mata kuliah kelas akuntansi antara mata kuliah satu dengan mata kuliah yang lainnya harus dijadwalkan agar tidak bentrok.
 - seorang dosen yang memberikan jadwal matakuliahnya kepada para mahasiswa yang ingin di ajarnya, dengan tujuan supaya si dosen dan mahasiswa dapatmengatur jadwalnya masing masing

9.      Undang undang
-          Menurut C.F. Strong
UNdang undang konstitusi memiliki kedudukan sebagai aturan main bagi rakyat untuk konsolidasi posisi politik dan hokum, untuk mengatur kehidupan bersama dalam rangka mewujudkan tujuannya dalam bentuk Negara.
-          Menurut James Bryce
UNdang undang  konstitusi sebagai suatu kerangka masyarakat politik (Negara) yang diorganisir dengan dan melalui hokum. Dengan kata lain, hokum menetapkan adanya lembaga-lembaga permanent dengan fungsi yang telah diakui dan hak-hak yang telah ditetapkan.
contoh:
-Berdasarkan Undang-undang Nomor 14 Tabun 2005 tentang Guru dan Dosen yang menyebutkan bahwa Dosen wajib memiliki Kualifikasi Akademik, Sertifikat Pendidik, Sehat Jasmani dan Rohani dan memiliki kualifikasi lain yang dipersyaratkan Satuan Pendidikan Tinggi, maka untuk menunjang hal tersebut, Universitas Gunadarma bekerjasama dengan Asosiasi Dosen Indonesia (AD I) DKI Jakarta menyelenggarakan  Seminar Nasional “Peran Pemerintah dan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan
Mutu dan Kompetensi Dosen Melalui Program SertifIkasi” pada tanggal 15 Juli 2008 bertempat di Auditorium Universitas Gunadarma Depok.

10.  Taktik
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Taktik adalah suatu siasat atau pola pikir tentang bagaimana menerapkan teknik-teknik yang telah dikuasai di dalam bermain untuk menyerang lawan secara sportif guna mencari kemenangan. Atau dengan kata lain taktik adalah siasat yang dipakai untuk menembus pertahanan lawan secara sportif sesuai dengan kemampuan yang telah dimilikinya.
-     - Menurut Suwarno
Taktik adalah suatu cara yang menggunakan akal pikiran agar bisa mencapai suatu keinginan dan mengalahkan musuh.
contoh:
-pesapkbola universitas gunadarma memiliki berbagai taktik sebagai berikut :
Taktik mencari tempat kosong di antara pemain lawan.
 Taktik melakukan gerakan tersusun, baik yang membawa bola maupun tidak (memanfaatkan lebar lapangan).
Taktik bermain ketat (jeli melihat peluang).

11. Misi
- Menurut Drucker (2000:87), Misi merupakan alasan mendasar eksistensi suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggannya (Prasetyo dan Benedicta, 2004:8)
- Menurut Wheelen sebagaimana dikutip oleh Wibisono (2006, p. 46-47), Misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa 
contoh:
-Universitas gunadarma memiliki misi sebagai berikut :
  • Menghasilkan lulusan yang handal dan siap bersaing dibidang teknik mesin, khususnya pada keahlian Manufaktur, Bahan, Termal/Fluida dan Mekatronika berbasis teknologi informasi.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu menjawab tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi umumnya, teknik mesin khususnya.
12. Visi
- Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Visi adalah perpaduan lukisan atau gambaran masa lalu, masa kini dan masa depan yang dibuat pada saat ini
- Menurut Anthony D’Souza, Visi adalah sesuatu yang pantas untuk diraih dan bisa dijadikan dokumen hidup yang selalu bisa dikembangkan
contoh:
- Visi universitas Gunadarma adalah Menjadi program Studi Teknik Mesin berbasiskan teknologi informasi terkemuka di Indonesia.


Soal 2
Cari definisi masing masing kata dan berikan contohnya dalam lingungan kampus gunadarma

1.      Wewenang
Wewenang (Authority) merupakan syaraf yang berfungsi sebagai penggerak dari pada kegiatan-kegiatan. Wewenang yang bersifat informal, untuk mendapatkan kerjasama yang baik dengan bawahan. Disamping itu wewenang juga tergantung pada kemampuan ilmu pengetahuan, pengalaman dan kepemimpinan.
Wewenang dapat diartikan sebagai hak untuk memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tujuan dapat tercapai
Contoh:
- Dosen berhak memberikan wewenang dalam bentuk tugas kepada mahasiswa di Universitas Gunadarma
-Seorang dosen memberikan tugas terhadap siswa/inya untuk mengerjakan tugas yang mana harus dikumpulkan

2.      Tanggung jawab
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja.tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban
contoh:
-Seorang ayah yang memiliki tanggung jawab unruk menafkahi keluarganya terutama menyekolahkan anaknya.
-Saya sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma memiliki sifat yang bertanggung jawab, yaitu saya harus belajar dengan sungguh-sungguh dan harus mengikuti perkuliahan dengan baik.


3.      Pertanggung jawaban

Pertanggungjawaban adalah hasil dari suatu kegiatan seseorang atas tanggung jawab yang dilakukan bagian dari sistem pengontrolan sikap dan perbuatan seseorang yang memiliki tanggungjawab.
contoh :
- sebagai mahasiswa memiliki tanggungjawab belajar dan hasil dari belajar saya itu berupa nilai-nilai mata kuliah yang saya ikuti, nilai-nilai itu adalah pertanggungjawaban saya sebagai mahasiswa.
              -seorang anak yang memiliki pertanggung jawaban atas sekolah karna telah disekolahkan oleh orangtuanya dan dia harus mempertanggungjawabkan prestasinya disekolah
                 
                 4. Delegasi
Delegasi adalah suatu pelimpahan wewenang dan tanggung jawab formal kepada orang lain untuk melaksanakan kegiatan tertentu. Ada alasan mengapa diperlukan pendelegasian, yaitu :
1. Memungkinkan atasan dapat mencapai lebih dari pada mereka menangani setiap tugas sendiri.
2. Agar organisasi dapat berfungsi lebih efisien.
3. Atasan dapat memusatkan tenaga kepada suatu tugas yang lebih diprioritaskan.

Contoh
-Apabila kepala jurusan di Universitas Gunadarma tidak bisa mengerjakan suatu pekerjaannya maka ia akan melakukan pendelegasian wewenang kepada bawahannya yaitu sekretaris jurusan
-Rector universitas gunadarma mengutus bagian kesiswaan untuk mewakili rapat antar kampus membahas mengenai kemahasiswa

5.      Koordinasi
 Menurut G.R. Terry koordinasi adalah suatu usaha yang sinkron dan teratur untuk menyediakan jumlah dan waktu yang tepat, dan mengarahkan pelaksanaan untuk menghasilkan suatu tindakan yang seragam dan harmonis pada sasaran yang telah ditentukan.
contoh:
 -ada perubahan jadwal mata kuliah, sekdos akan mengkoordinasikan kepada ketua kelas dan ketua kelas akan mengkoordinasikan kepada teman-teman sekelasnya.
Teknologi Industri berpartisipasi dalam kegiatan koordinasi implementasi kerjasama UG dengan Pemkot Depok pada Rabu 17 September 2014 bertempat di Auditorium gedung 4 lantai 6 kampus D, Jalan Margonda Raya No. 100 Depok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar